Aplikasi Baru Dari Adobe


Adobe kembali meluncurkan aplikasi terbarunya yang cukup mengejutkan, karena mampu menggabungkan berbagai macam akses aplikasi Internet dan multimedia ke dalam satu wadah. Wadah tersebut oleh Adobe diberi nama AIR yang merupakan kependekan dari Adobe Integrated Runtime. AIR memberikan kemudahan bagi user untuk mengakses berbagai keperluan akses Internet maupun multimedia sehari-hari dengan cukup menjalankan sebuah aplikasi antar muka. Yang lebih menarik lagi dari AIR adalah, aplikasi ini dapat mengambil file baik dari desktop lokal maupun Internet dengan cara yang sama untuk kemudian memprosesnya mempergunakan sistem file khusus. Dengan demikian, maka user hampir tidak akan menemukan perbedaan yang berarti antara mengakses file dari desktop lokal ataupun dari Internet, karena user tidak memerlukan browser lagi untuk mencari data di Internet.



AIR berjalan pada platform Windows, walaupun pada pengembangannya juga dirancang untuk MacOS. Sedangkan untuk versi Linux akan segera dirilis. Untuk mempergunakan AIR, pemakai dapat medownload installernya terlebih dahulu di http://labs.adobe.com secara gratis, kemudian menginstallnya pada komputer. Setelah semua proses installasi selesai, pemakai dapat langsung mempergunakannya. Yang lebih menarik lagi, AIR tidak memasukkan entry ke dalam registry Windows, dan sama sekali tidak mempergunakan library milik Windows, sehingga sedikitpun tidak mempengaruhi kestabilan Windows, bahkan tidak sama sekali tidak berpengaruh pada Windows pada saat uninstall.

Pada saat beroperasi, Adobe Integrated Runtime ini bekerja dengan tiga buah komponen dasar untuk mengolah data dari desktop dan Internet. Ketiga komponen itu terdiri dari Webkit yang berfungsi sebagai HTML engine, Flash Engine yang berfungsi hampir seperti Flash Player dan SQL Lite

No comments:

Post a Comment

Recent Post